Kamis, 26 Februari 2015

pertumbuhan perekonomian kecamatan jangkat



MAKALAH
PERTUMBUHAN EKONOMI DI KECAMATAN LEMBAH MASURAI DAN JANGKAT
Dalam mata kuliah : Pengantar Ekonomi MAkro
Dosen pengampu : Ziasdi Eka Putra

Disusun oleh :
kelompok I
1                         Alpitro Rekwendi                 . Keke Susmeta
2                          Anggi prayudi                       . Hasiatirraudoh
3                          Batri Maya Nika                   . Mesi
4                           Chindi Claudia Putri             . Rico Candra Novic

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
SYEKH M­AULANA QORI BANGKO
TAHUN 2015


Kata Pengantar

            Puji sukur kami panjatkan kehadirat tuhan yang Maha Esa atas selesai MAKALAH PENGANTAR EKONOMI MAKRO ini yang membahas tentang PERTUMBUHAN EKONOMI DI KECAMATAN LEMBAH MASURAI DAN JANGKAT. Dengan adanya makalah ini kita dapat megetahui bagai mana pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berada di kecamatan lembah masurai dan kecamatan jangkat.      
            Penulisan makalah ini adalah salah satu tugas kuliah dalam mata pelajaran PENGANTAR EKONOMI MAKRO di STAI SMQ Bangko. Dalam  makalah ini kami merasa masih bayak kekurangan baik dalam teknis penulisan maupun meteri, mengigat   ke mampuan yang kami miliki ini terbatas. Kami mengharapakan kritikan atau saran yang membangun  agar penulisan makalah untuk selanjutnya nya bisa mencapai titik kesempurnaan. serta kami mengucap kan bayak terima kasih kepada pihak yang telah membantu kami dalam penyelesaian makalah ini terutamama kepada Bapak Pengampu Bapak Ziasdi Eka Putra . Semoga Allah memberi imbalan yang setimpal kepada mereka yang telah membarikan bantuan baik secara lansung maupun tidak langsung  .amin Yaa.Rabbal Alamiin.
                                                                                                                   Bangko, 05 Januari 2015

                                                                                                                                 Peyusun.


BAB I
PEN DAHULUAN
A. Latar Belakang
Didalam melakukan pembangunan, Pemerintah  memerlukan perencanaan yang akurat serta diharapkan dapat melakukan evaluasi terhadap pembangunan yang dilakukannya. Seiring dengan semakin pesatnya pembangunan bidang ekonomi, maka terjadi peningkatan permintaan data dan indikator-indikator yang menghendaki ketersediaan data sampai tingkat Kabupaten/ Kota bahkan sampai ke Kecamatan dan Perdesaan, termasuk Kecamatan lembah Masurai dan Jangkat. pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan pembangunan perekonomian yang memadai yang bisa untuk memsejahterakan rakyatnya. Data dan indikator-indikator pembangunan yang diperlukan adalah yang sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.
Kecamatan Lembah Masurai dan Kecamatan Jangkat adalah Kecamatan yang berada di kaki Gunung Masurai, gunung tertinggi ke-2 di Pulau Sumatera. Potensi ekonomi lembah masurai Jangkat berupa pertanian sangat menjanjikan, khususnya tanaman muda seperti kentang (cat: Kualitas terbaik di Sumatera), casiavera (Kulit manis), kopi, cabe, sayuran. Bahkan baru-baru ini masyarakat 'menemukan' idola pertanian baru, yakni tumbuhan Nilam.

B. Rumusan Masalah
1.      Letak kecamatan lebah masurai dan jangkat
2.      Pertumbuhan ekonomi kecamatan lembah masurai dan jangkat
3.      Pariwisata alam kecamatan jangkat
C. Tujuan
1.      Agar kita mengetahui letak kecamatan lembah masurai dan jangkat
2.      Agar kita mengetahui perekonomian kecamatan lembah masurai dan kecamatan jangkat
3.      Agar kita mengetahui pariwisata alam jangkat.
BAB II
PEMBAHASAN

A. Kecamatan Lembah Masurai
1. Letak Kecamatan Lembah Masurai

            Sebagai mana kita ketahui Kecamatan lembah masurai adalah suatu kecamatan yang berada di sebelah barat kota Bangko, kabupaten merangin propinsi Jambi, yang berdekatan dengan kecamatan jangkat,  ibu kota kecamatan lembah masurai beribukota di pasar masurai. Lembah masurai ini terletak dengan ketinggian 540 Meter di atas permukaan laut, dengan letaknya yang  tinggi dari permukaan laut kecamatan lembah masurai ini, jarang terkena bencana banjir bahkan tidak pernah sama sekali.  Kecamatan lembah masurai ini memiliki luas sekitar 688.99 Km², dengan batas-batas sebagai berikut:
1.   Sebelah utara berbatasan dengan kecamatan Muara Siau.
2.   Sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Sarolangun.
3.   Sebelah selatan berbatasan dengan kecamtan sungai tenang.
4.   Sebelah barat berbatasan dengan kecamatan jangkat.
            Kecamatan lembah masurai ini terdapat dengan (15) lima belas desa, jarak anrara desa dengan desa memiliki jarak tempuh yang tidak begitu jauh sehingga masyarakat tidak sulit melakukan interaksi dengan desa tetangga sebelah. adapun nama-nama desa yang terletak di kecamatan lembah masurai ini adalah sebagai berikut.

Tabel 1.1 Nama desa dan jumlah penduduk kecamatan lembah masurai
No
Nama desa
Luas wilayah
Jumlah penduduk
Jumlah
Kode pos
Laki-laki
Perempuan
1
-
239
211
450
37372
2
-
327
237
676
37372
3
-
352
298
650
37372
4
-
189
177
336
37372
5
-
484
440
924
37372
6
-
2415
1934
4349
37372
7
-
270
272
542
37372
8
-
270
267
537
37372
9
-
602
572
1174
37372
10
-
708
709
1417
37372
11
-
629
518
1147
37372
12
-
298
305
603
37372
13
-
634
545
1179
37372
14
-
340
315
655
37372
15
-
3504
2832
6336
37372

2. Perkembangan Perekonomian kecamatan lembah Masurai
    a. Pertanian
            Pada umumnya perekonomian penduduk atau masyrakat lembah masurai ini adalah bertani dan berdagang, sesuai dengan lokasi dan tempat yang sesuai sebagai sektor pertanian dengan tanah yang subur masyarakat pada umumnya untuk memenuhi kebutuhan perekonomiannya itu yaitu bertani. Dengan bercocok tanam di ladang dan sawahnya  masing-masing sehingga mereka bisa mendapatkan hasil dari hasil garapan sendiri, Semenjak nenek moyang mereka dulu  mencari dan  menemukan ladang yang bisa di garap sebagai lahan pertanian dan perkebunan sehingga ladang tersebut secara tidak langsung turun-temurun kepada anak cucunya. Pada dasarnya penduduk masyarakat memperoleh penghasilan perekonomiannya melalui pertanian, adapun macam-macam penghasil pertanian yang bisa mereka kelola antara lain adalah:
            1. Karet
            Karet ini merupakan salah satu penghasilan pertanian yang sangat menonjol di bagian perekonomian kecamaatan lembah masurai, karna pada dasarnya penduduk kecamatan lembah masurai ini rata-rata memiliki  kebun karet masing-masing, sehingga tanaman karet ini bisa di andalkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan perekonomiannya.
            2. Kopi
            Penduduk kecamatan lembah masurai selain dari getah / karet mereka juga memanfaatkan tanaman kopi sebagai sumber perekonomian mereka, kopi biasanya lebih dominan di daerah  lembah masurai bagian barat yang berdekatan dengan kecamatan jangkat.  di antaranya desa yang berpenghasilan kopi antara lain adalah, koto  rami, desa tuo, nilo dingin, dan sungai lalang, karena dari beberapa desa yang di sebutkan tadi merupakan daerah berkawasan dingin sehingga masyarakat lebih memilih kopi sebagai tanam yang cocok untuk di tanam di daerah kawasn mereka.
            3. Sawit
            Tanaman sawit juga termasuk tanaman yang dikelola masyarakat daerah kecamatan  lembah masurai namun pada dasarnya sawit ini belum begitu banyak di gunakan sebagai perekonomian masyarakat, hanya sebagian kecil yang membudayakan tanaman sawit ini.
            4. Padi
            Sebagai mana kita ketahui padi merupakan makanan pokok masyarakat seluruh inidonesia, jadi pada dasarnya tidak bisa dipisahkan oleh masyarakat kecamatan lembah masurai, mereka juga menggunakan  tanaman padi sebagai sumber ekonominya, tapi padi ini di gunakan sebagai perekonomian dapur atau perekonomian rumah tangga, karna padi ini tidak untuk di perjual belikan melainikan untuk kebutuhan rumah tangga masing-masing. untuk perekonomian rumah tangganya masyrakat kecamatan lembah masurai juga menanan sayur-sayuran dan tanaman muda laiinnya ada yang hanya untuk kebutuhan rumah  tangganya sendiri, ada juga yang untuk di perjual belikan, seperti, kentang, cabe,  bawang, kol, labu dan lain sebagainya.

    b. Pasilitas Pasar dan sarana Perbankkan
            Untuk perekonomian masyarakat lembah masurai di bagian Pasar belum begitu memadai karna belum tersedianya Pasar permanen atau pasar yang bisa  beroperasi setiap hari, hanya saja pasar yang sudah tersedia seperti pasar mingguan atau sering di sebut warga dengan Balai. untuk toko-toko manisan setiap desa sudah mencukupi, begitu juga di bagian sarana jasa, seperti Bengkel motor, tukang jahit, tukang cukur, juga sudah tersedia walaupun ada beberapa desa yang belum memiliki sarana tersebut.
            Untuk pasilitas Perbankkan juga belum tersedia karena masih banyak kekurangan yang belum mencukupi syarat, seperti tenaga listrik dan juga tenaga kerja yang masih minim. untuk memudahkan masyrakat dalam bertransaksi atau mengirim uang atau barang masyarakat hanya mengandalkan kantor pos, dan sebagai tempan pinjam meminjam modal hanya tersedia PNPM MANDIRI.

    c. Pasilitas ibadah dan pendidikan
            Mayoritas masyarakat kecamatan lembah masurai pada umumnya beragama Islam (Muslim), namun ada juga warga yang memiliki keyakinan yang berbeda itu juga penduduk yang berasal dari luar atau pendatang, pada dasarnya penduduk aslinya 10% beragama islam, tiap desa penduduk kecamatan lembah masurai sudah memiliki sarana ibadah seperti Masjid, langgar, TPA dan tempat perkumpulan majlis laiinnya, selain itu disana juga sudah tersedia yang namanya Pondok Pesantren sebagai sarana pendidikan anak dalam bidang agama.
            Pendidikan merupakan hal utama bagi masyarakat seluruh indonesia termasuk juga warga kecematan lembah masurai, karna untuk  mencapai sumber daya mansusia yang berkualitas, masyrakat negara indonesia umumnya dan masyarakat kecamatan lembah masurai khusunya mereka selalu berusaha bagai mana caranya agar bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya agar tercapainya  SDM yang berkualitas, untuk itu keinginan masyrakat dan kemauan belajar masyarakat sangat lah tinggi, hanya saja belum lengkapnya pasilitas dan sarana pendidikan  itu lah yang sedikit menghambat pendidikan masyrakat kecamatan lembah masurai.
            Sarana pendidikan yang  sudah tersedia di kecamatan lembah masurai masih belum memenuhi standar, karena masih banyak desa-desa yang belum  memiliki sekolah menengah  seperti, SMP dan SLTA, untuk sekolah dasar pada umumnya sudah mencukupi dan sudah dimiliki setiap Desa. untuk tenaga kerja dalam hal pendidikan setiap skolah Alhamdulillah sudah mencukupi  hanya saja banyak pegawai honorer  belum sepenuhnya PNS (Pegawai negri sipil).

    d. Fakto-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi
1.      Letaknya yang jauh dari ibu kota juga menghambat pertumbuhan perekonomian, karna kurangnya perhatian pemerintah terhadap masyrakat.
2.      Sarana pasar yang masih minim itu sangat mempengaruhi masyrakat dalam hal berinteraksi antara penjual dan pembeli.
3.      Minimnya sarana perbankan membuat masyrakat susah melakukan transaksi dan simpan pinjam, untuk simpan pinjam masyrakat harus langsung ke ibu kota.
4.      Aliran listrik yang minim sangat lah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, karna banyak aktifitas atau jasa terhambat karna karna kurangnya energi listrik, seperti tukang cukur, tukang jahit dan lain sebagainya.
5.      Pasilitas jalan antar desa ke desa sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, masyrakat akan sulit untuk menjangkaunya karna jaraknya begitu jauh.
B. Kecamatan Jangkat
1.      Letak kecamatan jangkat
          
            Kecamatan jangkat adalah salah satu kecamatan di kabupaten merangin propinsi jambi yang berada disebelah barat yang paling ujung yang bertetangga dengan kecamatan sungai tenang, kecamatan jangkat juga bersebelahan dengan propinsi bengkulu yang hanya berbatasan dengan bukit barisan. kecamatan jangkat ini memiliki ketinggian 1035 M di atas permukaan laut, kecamatan jangkat memiliki luas 967,2 Km² yang terdiri dari 11 desa atau kelurahan, yang di huni lebih kurang dari 9611 orang, kecamatan jangkat ini  beribu kota di muara madras. adapun batas-batasan kecamatan jangkat antara lain:
1.      Sebelah utara berbatasan dengan kabupaten kerinci.
2.      Sebelah timur berbatasan dengan kecamatan lembah masurai.
3.      Sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan sungai tenang.
4.      Sebelah barat berbatasan dengan kecamatan kepayang (propinsi bengkulu).

            Daerah kecamatan jangkat ini dikenal dengan daerah yang dingin, karena di kelilingi oleh bukit dan gunung-guning , kecamatan jangkat ini juga memiliki tanah yang subur dan kaya akan  sumber daya alam, di kecamatan jangkat ini banyak terdapat pariwisata-pariwisata alam seperti Danau, Air terjun, Air panas dan lain sebagainya, hanya saja banyak juga yang tersembunyi karna kurang nya perhatian dari pemerintah untuk mengelola pariwisata tersebut. adapun nama desa dan jumlah penduduk kecamatan jangkat dapat di lihat dari tabel di bawah ini:

tabel 1.2 nama desa dan jumlah penduduk kecamatan jangkat
No
Nama desa
Luas wilayah
Jumlah penduduk
Jumlah
Kode pos
Laki-laki
Perempuan
1
Muara Madras
-
1042
1049
2091
37372
2
Lubuk Pungguk
-
457
481
938
37372
3
Pulau Tengah
-
1674
1578
3252
37372
4
Renah Alai
-
390
365
755
37372
5
Lubuk Mentilin
-
86
79
164
37372
6
Rantau Kermas
-
210
208
418
37372
7
Tanjung Kasri
-
170
157
327
37372
8
Renah Kemumu
-
192
158
350
37372
9
Kota Renah
-
351
309
660
37372
10
Renah Pelaan
-
264
238
502
37372
11
Kota Rawang
-
79
75
154
37372

2.   Pertumbuhan Perekonomian masyrakat kecamatan jangkat
     a. Petani
            Sebagai mana kita ketahui kecamatan jangkat merupakan kecamatan yang di kelilingi dengan bukit dan gunung-gunung serta wilayah yang tinggi dari permukaan laut sehingga masyarakat jangkat ini berinisiatip untuk mencari kebutuhan ekonominya ya itu dengan bertani karna mengingat tanah yang subur dan sangat cocok jika di gunakan untuk ladang pertanian, sehingga masyrakat kecamatan jangkat  pada umumnya bertani dan berkebun sebagai sumber perekonomiannya, selain berkebun ada juga yang bekerja sebagai tukang kayu dan bangunan namun itu hanya sebagian,  ada juga yang bekerja sebagai pegawai di kantor dan Sekolah sebagai pegawai negri sipil (PNS) atau pun Honorer namun mereka tetap mempunyai kebun dan lahan pertanian. Ada pun  pertanian yang menonjol yang mempunyai peran penting dalam perekonomian masyrakat antara lain:
            1. Padi
            Sebagai mana kita ketahui Beras merupakan makanan pokok masyrakat seluruh indonesia dan juga masyarakat kecamatan jangkat khususnya, tidak lepas yang dari pertanian padi, kaerana mengingat tempat yang strategis dan sangat cocok untuk di manfaatkan sebagai pertanian padi, selain tanahnya yang subur  daerah ini juga sangat mudah untuk mendapatkan air yang di gunakan untuk pengairan pada sawah mereka. Pada dasarnya masyrakat kecamatan jangkat menanam padi ini hanya untuk di gunakan sebagai kebutuhan rumah tangganya tidak untuk di perjual belikan, namun kadang-kadang bagi yang mempunyai mesin penggiling padi mereka juga menjual beras mereka yang berasal dari jasa penggilingan tadi.
            2.   Kopi
            Selain kecamatan lembah masurai tadi, kecamatan jangkat juga merupakan penghasilan kopi, Masyrakat kecamatan jangkat juga menanam kopi untuk mencukupi kebutuhan perekonomiannya, bermacam-macam kopi yang di tanamnya  bahkan di jangkat sudah ada masyrakat yang memilihara binatang Luak (Musang), binatang ini di pelihara masyrakat untuk memilih kopi yang berkualitas yang sering di sebut masyrakat dengan  KOPI LUAK. sehingga kopi luak yang berasal dari kotoran Luak (Musang) tadi di ambil dan di bersihkan hingga di perjual belikan, sihingga harganya melebihi Kopi biasa bahkan sampai dua atau tiga kali lipat dari harga kopi biasa.
            3.   Kentang
            Kentang dalam bahasa latin di sebut Solanum tuberosum adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. namun di indonesia kentang ini merupakan sayur-sayuran  dan di gunakan sebagai makanan ringan seperti kripik kentang dan roti kentang. Di kecamatan jangkat masyrakatnya juga bertani kentang sebagai mata pencarian mereka bahkan di salah satu desa yang bernama Renah alai ini di gunakan sepagai pencarian pokok mereka karna karena di desa ini  untuk menanm padi sangat sulit karna jauh dari perairan sehingga mereka memilih enan kentang sebagai pencarian pokonya. Harga jual kentang ini mengikuti harga pasar tergantung dengan permintaan dan penawarannya juga, berkisaran antara 3000-10.000. Semakin mahal harga kentang maka semakin meninggkat lah  pendapatan masyrakat dan semakin rendah harga kentang maka semakin rendah pula pendapatannya karna rata-rata masyrakat kecamatan jangkat bertani kentang.
            4.   Cabai
            Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Bagi seni masakan Padang, cabai bahkan dianggap sebagai "bahan makanan pokok" ke sepuluh. Karena sangat berpearan dalam kebutuhan sehari-hari. Cabai ini merupakan salah satu makan pokok yang tidak bisa di tinggal kan sejak zaman dulu, cabai yang berperan sebagai bumbu masakan dan sayuran ini  juga sudah sejak dulu di budayakan masyrakat jangkat untuk di jadikan salah satu sumber pencariannya, dengan kebutuhan  yang meningkat setiap hari, maka semakin banyak pula  masyrakat yang menam tanaman ini, sehingga harga nya juga tidak stabil, bahkan sampai naik darastis, dari 10.000-50.000. Namun itu termasuk kebiasaan buruk masyrakat, kenapa di katakan demikian, karna masyrakat jangkat pada umunya, tidak memprediksi harga pasar terhadap suatu barang, jika harga  harga  cabai naik maka semua masyrakat  menam cabai semua, sehingga terjadi penurunan  harga, jika harga kentang naik mereka menanam kentang semua sehingga meninggalkan  tanam cabai tadi,  sehingga hara  tidak stabil. sayur-sayuran seperti cabe kentang bumbu itu bukan saja di konsumsi di jangkat tetapi ke seluruh merangin bahkan sampai ke Propinsi.

    b.   Pasilitar Pasar Dan Sarana Perbankan
            Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli dalam  menawarkan berbgai barang dan jasa,  di kecamatan jangkat masih minimnya pasilitas pasar, termasuk  hal yang menghambat bertumbuhn perekonomian masyrakat, sehingga minim pula interaksi antara penjual dan pembeli  dalam melakukan transaksi dan melakukan penawaran barang dan jasa, di kecamatan jangkat pasar belum begitu memenuhi syarat, masih banyak kekurangan yang belum  mencukupi, di karenakan banyak faktor.  untuk aktifitas jual beli masyrakat, pemerintah hanya menyediakan pasar mingguan atau di sebut Balai,  yang hanya berjalan sekali dalam seminggu. untuk toko-toko manisan setiap desa sudah mencukupi, begitu juga di bagian sarana jasa, seperti Bengkel motor, tukang jahit, tukang cukur, juga sudah tersedia walaupun ada beberapa desa yang belum memiliki sarana tersebut.
            Untuk pasilitas  Perbankkan juga belum tersedia karena masih banyak kekurangan yang belum mencukupi syarat, seperti tenaga listrik dan juga tenaga kerja yang masih minim. itu sudah menjadi salah satu paktor yang menghambat perekonomian penduduk, untuk memudahkan masyrakat dalam bertransaksi atau mengirim uang atau barang masyarakat hanya mengandalkan kantor pos, dan sebagai tempan pinjam meminjam modal hanya tersedia PNPM MANDIRI. namun usaha pemerintah untuk meningkat kan sarana di bagian perbankan sudah ada hanya saja, tiada respon positip dari pihak Bank terkait.

     c. Sarana ibadah ibadah dan pendidikan
            Penduduk masyrakat kecamatan jangkat pada umunya mayoritas beragama islam (muslim),  tingkat kereligiusannya masih sangat kuat,  penduduk kecamatan jangkat bisa di katakan 100 % beragama islam tidak ada di temukan agama lain selain islam  hanya saja kadang ada pendatang dari luar yang beragama lain singgah atau di tugaskan untuk bekerja di sana,  untuk adat-istiadat masyrakat di sana masih sangat alami, mereka sangat mempertahankan adat dan budaya mereka walau pun sebagian ada juga kebudayaan yang sudah mulai di tinggalkan masyrakat yang mengikuti zama modern saat ini. Di setiap desa kecamatan jangkat  alhamdulillah sudah mencukupi sarana ibadah seperti masjid, langgar dan TPA, dalam setiap desa minimal satu masjid sudah tersedia bahkan ada yang samapai 4 masjid dalam satu desa hingga saat ini masjid sudah tercatat 18 masjid di kecamatan jangkat.
            Dalam segi pendidikan masyrakat kecamatan jangkat tidak kalah dengan kecamatan-kecamatan yang lain.  Minat belajar masyrakat kecamatan jangkat sangat tinggi, bahkan pada tahun 1970-1995 jarak yang di tempuh masyrakat kecamatan jangkat untuk meraih pendidikan sangat jauh hingga mencapai 3-5 hari perjalan  dari jangkat ke kota bangko dengan berjalan kaki, di karenakan daerah jangkat belum bisa di jangkau oleh kendaraan roda 4 atau roda 2.  Namun alhamdulillah dari zaman-kezaman sudah mulai meningkat berkat canggihnya teknologi kini untuk wajib belajar 9 tahun sudah bisa di laksanakan di kecamatan sendiri, bahkan untuk bangunan dan gedung sekolah sudah tersedia,  seperti  SD,SMP,SLTA hanya saja perguruan tinggi belum di sediakan pemerintah maupun pihak swasta lainya.  Untuk tenaga kerja guru nya  sudah terpenuhi  yang sesuai dengan jurusannya masing-masing, hanya saja masih banyak pegawai honorernya belum sepenuhnya sebagai pegawai negri sipil (PNS).

Tabel 1.3 jumlah sekolah dalam setiap desa
No
Nama desa
Jumlah sekolah
TK
SD
MI
PPS
SMP
MTS
SMA
SMK
MA
1
Muara Madras
3
2
2
-
1
1
1
1
-
2
Lubuk Pungguk
1
1
1
-
-

-
-
-
3
Pulau Tengah
3
4
2
1
1
1
-
-
1
4
Renah Alai
1
1
1
-
1
-
-
-
-
5
Lubuk Mentilin
-
1
1
-
-
-
-
-
-
6
Rantau Kermas
1
1
1
-
1
-
-
-
-
7
Tanjung Kasri
-
1
1
-
1
-
-
-
-
8
Renah Kemumu
-
1
1
-
-
-
-
-
-
9
Kota Renah
1
1
1
-
1
-
-
-
-
10
Renah Pelaan
-
1
1
-
-
-
-
-
-
11
Kota Rawang
-
1
1
-
-
-
-
-
-

3.  Parawisata alam jangkat
            Kecamatan jangkat dikenal dengan kecamatan yang kaya dengan alam dan, tempat wisata yang alami dan masih terjaga. Ada ribuan hektar lahan subur, yang bahkan bisa menjamin kehidupan seluruh masyarakatnya. Daerah ini kaya dengan aneka ragam flora dan fauna sekaligus sebagai paru-paru dunia. dengan letak yang berada di kaki guning masurai.  kecamatan ini termasuk kecamatan yang tinggi dari permukaan laut, bermacam-macam alam wisata yang berada di kecamatan ini,  tapi sayangnya pariwisata-pariwisatanya tidak mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, masih banyak alam wisata yang belum bisa di jangkau oleh kendaraan beroda dua atau pun empat. hal ini sangat di sayangkan jika pemerintah bisa mengelola dengan baik alam wisata ini, bisa di gunakan sebagai pendapatan daerah atau pun pendapatan dari daerah setempat. Macam-macam alam wisata kecamatan jangkat antara lain Danau pauh, danau depati, danau tinggi, grao sakti, dan banyak lain pariwisata lainnya, seperti air terjun, danua-danau yang kecil lainya dan juga kuburan tokoh-tokoh agama pada saman dulu.

1.      Danau Pauh
            Danau Pauh adalah danau vulkanik yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi. Terdapat di Kecamatan Jangkat ± 96 km dari Bangko dan dapat dicapai dengan kendaraan roda empat. Luas Danau Pauh ± 30 Ha serta disekitarnya terdapat kawasan hutan dengan beraneka ragam flora dan fauna yang termasuk dalam Taman Nasonal Kerinci Seblat (TNKS). Danau dengan luas 30 hektar ini memiliki kedalaman 20 meter dengan ketinggian 1.200 m dpl. Danau ini airnya tenang dan tidak berombak. Dilihat dari kejauhan airnya kelihatan berwarna biru bak air laut. Kondisi alam yang memikat ditunjang latar belakang Gunung Masurai dan juga udara yang sejuk, menjadikan sajian lengkap bagi wisatawan. Disekitar danau terdapat rumah penduduk dengan perkebunan kopi, kayu manis, kentang, cabe dan sayuran.

2.      Danau Depati Empat
            Danau Depati Empat Terletak di Desa Rantau Kermas Kecamatan Jangkat berjarak sekitar ± 110 dari kota Bangko. Danau ini dapat dicapai melalui jalan setapak sekitar 7 km. Danau seluas 271 hektar dengan ketinggian 1.200 m dari permukaan laut ini dikelilingi hutan primer Taman Nasional Kerinci Seblat dan perkebunan kopi dan kayu manis. Air danau bening dengan dasar berpasir putih yang sangat menarik indah dan asri. dengan hembusan angin gunung yang begitu kencang membuat air danau berombak, sehingga  pada saat ombaknya besar tidak bisa untuk berlayar, danau depati empat ini juga di manfaatkan warga untuk mencari ikan karna danau ini memiliki banyak jenis ikan.

3.      Danau Tinggi
            Danau tinggi adalah  adalah danau yang terletak di atas bukit barisan yang berbatasan dengan Propinsi Bengkulu, luas danau ini  sekitar  15 Hektar yang memiliki kedalaman sekitar 10 Meter. Jarak yang di tempuh untuk menuju danau ini memerlukan  waktu 10 jam dengan berjalan kaki, karna belum tersedianya pasilitas jalan untuk kendaraan roda dua atau pun roda empat.
4.      Semburan air panas (Grao)
            Semburan air panas dari perut bumi / Grao,ini mengeluarkan asap belerang/gas yang disemburkan oleh Grao Matahari, Grao Solar, Grao Ngauk dan Grao Kunyit. Keunikan dari grao ini adalah apabila dibacakan mantra oleh pawang yang mengerti grao dari desa setempat maka aitnya bisa menyembur setinggi 14 meter. Kalau tidak dibacakan mantra air semburannya biasa saja, tidak tinggi. Grao ini terletak di antara Desa Tanjung Kasri dan Desa Renah Kemumu 150 km dari Bangko. Disarankan menggunakan ojek yang sudah terbiasa dengan lokasi karena untuk mencapai lokasi harus melewati bukit dan jurang melalui jalan setapak. Air grao ini jernih dan panas dan disekeliling grao dihiasi hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. Anda bisa mandi dengan air panas sedang untuk mengobati penyakit kulit dan rematik.
   
    f. Faktor-faktor yang menghambat pertumbuhan ekonomi  jangkat
1.      Letaknya yang jauh dari ibu kota juga menghambat pertumbuhan perekonomian, karna kurangnya perhatian pemerintah terhadap masyrakat.
2.      Sarana pasar yang masih minim itu sangat mempengaruhi masyrakat dalam hal berinteraksi antara penjual dan pembeli.
3.      Minimnya sarana perbankan membuat masyrakat susah melakukan transaksi dan simpan pinjam, untuk simpan pinjam masyrakat harus langsung ke ibu kota.
4.      Aliran listrik yang minim sangat lah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, karna banyak aktifitas atau jasa terhambat karna karna kurangnya energi listrik, seperti tukang cukur, tukang jahit dan lain sebagainya.
5.      Pasilitas jalan antar desa ke desa sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, masyrakat akan sulit untuk menjangkaunya karna jaraknya begitu jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar